Rabu, 08 April 2015

Tugas 2 Perekonomian Indonesia


1.      Kemiskinan merupakan keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.
Sedangkan Garis Kemiskinan merupakan representasi dari jumlah rupiah minimum yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok minimum makanan yang setara dengan 2100 kilokalori per kapita per hari dan kebutuhan pokok bukan makanan.

2.      Penyabab dan Dampak Kemiskinan di Indonesia      :
Penyebab
Dampak
1. Tingkat pendidikan yang rendah
2. Produktivitas tenaga kerja rendah
3. Tingkat upah yang rencah
4. distribusi pendapatan yang timpang
5. Kesempatan kerja yang kurang
6. kualitas sumberdaya alam masih rendah
7. Penggunaan teknologi masih kurang
8. Etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah
9. Kultur/budaya (tradisi)
10. Politik yang belum stabil
.

1.Berkurangnya rasa nasionalisme terhadap suatu Negara, di karenakan lebih memikirkan kebutuhan untuk bertahan hidup saja kesulitan apalagi memikirkan rasa cinta pada Negara.
2.Banyak terjadinya tidak kejahatan di mana mana , di karenakan masih banyaknya masyarakat yang berpikiran pendek dalam memenuhi kebutuhan .
3..Harga diri suatu Negara yang jatuh dimata dunia dan akan diremehkan dan di anggap sumber daya manusianya tidak punya potensi untuk maju dan hanya mengandalkan bantuan dan bantuan.
4.Semakin tidak terurusnya generasi muda oleh orang tua dan terlepas begitu saja dari pendidikan dan pengawasan orang tua sehingga menumbuhkan generasi muda yang tidak mengindahkan akan budaya ketimuran.
5.Hilangnya rasa kegotong royongan dan saling membantu di karenakan sudah menjamurnya budaya loe ya loe guwe ya guwe sehingga menimbulkan kurangnya rasa persatuan di suatu Negara.
6.Timbul banyak nya penyakit di mana mana baik itu penyakit menular sex ataupun penyakin yang di sebabkan karena tempat yang kumuh atau makanan yang di konsumsi tidak sehat .
7.Semakin drastis berkurangnya belajar agama atau keyakinan pada Tuhan di karenakan lebih pada memikirkan kebutuhan yang utama yaitu makan.
8. Terjadinya banyak perselingkuhan di mana mana baik perselingkuhan dalam berbisnis , perselingkuhan & perselingkuhan dalam  mencintai tanah air.
9.Semakin terpuruknya ekonomi bangsa yang akan mengakibatkan kehancuran suatu bangsa.
10. Lahirnya sebuah kelompok masyarakat yang begitu pandai,dahsyat dan kreatif melahirlan suatu yang baru dan canggih akibat terhimpit ekonomi dan terjadinya revolusi masal dan terpecah belahnya suatu Negara menjadi Negara Negara kecil.



3.      Cara mengatasi kemiskinan di Indonesia yang pertama menurut pendapat saya yaitu mencerdaskan dan meningkatkan kualitas anak-anak bangsa dan penerus-penerusnya , dengan seperti itu bangsa Indonesia untuk kedepanya tingkat kemiskinan akan teratasi secara perlahan . Tidak hanya itu yang bisa kita lakukan , dengan modal kreatif kita dapat membuka lahan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan tentu saja itu nantinya akan berdampak positif bagi Indonesia yaitu kemiskinan di Indonesia akan berkurang dikit demi sedikit.Itu baru segi masyarakat , sedangkan dari segi pemerintah yaitu harus adil terhadap hak-hak masyarakatnya , memberikan hak yg sewajarnya kepada masyarakat , jangan ada yang korupsi , dan pemerintah juga harus benar-benar memperhatikan masyarakat yang diplosok Nusantara sehingga pembagian haknya akan merata dan kemiskian di Indonesia berkurang .









DAFTAR PUSTAKA :


0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggi Luvtiana Template by Ipietoon Cute Blog Design