Minggu, 08 Oktober 2017

Hubungan Penulisan Ilmiah dengan Struktur Etika

Hubungan Penulisan Ilmiah dengan Struktur Etika
Judul PI : ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI  DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN            KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA                           PABRIK TAHU ADIL BANDUNG.

Dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus informasi akuntansi diferensial yang relevan adalah pendapatan diferensial dan biaya diferensial. Pendapatan diferensial adalah tambahan pendapatan karena menerima pesanan khusus sedangkan biaya diferensial adalah tambahan karena menerima pesanan khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Pabrik Tahu Adil Bandung dalam menganalisa pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus dengan menggunakan analisis akuntansi diferensial yaitu dengan membandingkan antara pendapatan diferensial yang diperoleh dengan biaya diferensial yang dikeluarkan.
Setelah dilakukan penelitian dapat di simpulkan bahwa pesanan khusus tersebut menghasilkan pendapatan diferensial sebesar Rp. 2.300.00 yang lebih besar dari biaya diferensial yaitu Rp. 1.156.474 sehingga perusahaan  mendapatkan laba diferensial sebesar Rp. 1.143.526 dengan demikian maka perusahaan sebaiknya menerima pesanan khusus tersebut.



Kolerasi etika dengan Kesimpulan PI
Adapun hubungannya adalah dikaitkan dengan Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan aturan tidak tertulis mengenai cara menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak tergantung pada kedudukan individu atau-pun perusahaan di masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Pabrik tahu adil bandung merupakan perusahaan yg bergerak dibidang makanan yaitu tahu kuning, perusahaan berinovasi memberikan tekstur tahu yg lembut beda dari yang lain, selain itu perusahaan juga menerepkan sikap kejujuran, memiliki loyalitas dan integritas untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik kepada pelanggan.
Perusahaan tidak melanggar aturan karena tidak menjiplak resep perusahaan lain melainkan berinovasi dengan resep yang sudah dia miliki. Kemudian pabrik tahu adil bandung mengajukan izin produksi makanan pada dinas kesehatan, kemudian pabrik tahu melalui tahapan-tahapan perizinan seperti ijin usaha, ijin produksi dll maka perusahaan sah menjalankan usahanya.
Suatu saat pabrik tahu Adil Bandung mendapat pesanan khusus. Perusahaan mengambil keputusan untuk menerima pesanan tersebut di karenakan, perusahaan meyakini pesanan tersebut sangat mempengaruhi baik perkembangan bisnis perusahaan maupun dari segi laba perusahan. Dengan menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan standar, pabrik tahu adil bandung merupakan perusahaan yang sehat.
Dari penjelasan diatas, kesimpulan Penlitian Ilmiah saya di kolerasikan dengan Etika Bisnis yaitu Pabrik Tahu adil Bandung menerima pesanan khusus maka dari itu perusahaan dapat dikategorikan perusahaan sehat yang dapat menghasilkan laba perusahaan. Dengan demikian itu terjadi dilatar belakangi pimpinan Pabrik Tahu Adil Bandung beserta karyawan sesuai dengan penjelasan etika bisnis diatas yang menyebabkan perusahaan mengalami peningkatan laba.
Sumber :
Penulisan Ilmiah : ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI  DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PABRIK TAHU ADIL BANDUNG. PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma,  2017. Anggi Luvtiana Naiborhu

0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggi Luvtiana Template by Ipietoon Cute Blog Design